Pages

Translate

Sunday, October 2, 2011

MASIH ADAKAH ANAK-ANAK YANG MENGGEMARI LAGU DAERAH?

Musik memang menjadi sebuah bagian dari kehidupan manusia didunia.  Tanpa adanya musik, dunia terasa sepi. Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan interaksi dengan sesamanya.  Dalam berinteraksi, musik menjadi suatu kebutuhan untuk menghibur orang lain disekitar kita.
Namun sayangnya, musik yang berkembang dan digemari banyak orang mulai mengalami pergeseran.  Sekarang manusia cenderung menyukai musik asing, pop, campur sari, bahkan dangdut.  Musik-musik tersebut sungguh sangat menghibur dan membuat manusia menjadi lupa akan semua persoalan yang mungkin sedang dihadapinya.
Lalu,  kemanakah lagu-lagu daerah kita?  Apakah ini yang namanya perubahan jaman?  Bahkan lagu pun ikut bergeser? Apakah lagu juga mengalami evolusi?, perubahan secara perlahan-lahan dalam waktu yang cukup lama?
Sungguh sulit dipercaya, jaman dulu ketika saya masih duduk di sekolah dasar dikenalkan bahkan diharuskan bisa menyanyikan lagu-lagu daerah.  Tetapi sekarang yang terjadi anak seusia taman kanak-kanak justru mampu menyanyikan lagu-lagu Pop tentang cinta.  Inikah namanya kemajuan dunia?...  Ataukah kesalahan dari kurikulum pendidikan kita? atau kesalahan pendidik? Tidak perlu mencari siapa yang salah atau yang benar, tapi yang jelas berikut ini ada beberapa lagu-lagu daerah yang patut tetap kita lestarikan agar tidak punah yang bisa Anda donwload :
1.  Yamko Rambe Yamko
2.  Cing Cang Keling
3.  Dondong Apa Salak?
4.  Cublak-cublak Suweng
5.  Ampar-ampar Pisang
6.  Sapu Tangan Bapuncu Ampat
7.  O Ina Ni Keke
8.  Si Patokan
9.  Suwe Ora Jamu
10.  Sarinande
11.  Tokecang
12.  Soleram
13.  Cik-cik Periuk
14.  Gundul-gundul Pacul
15.  Mande-mande
16.  Apuse
17.  Injit-injit Semut
18.  O Ulate
19.  Hela Rotan
20.  Mariam Tomong
21.  Seringgit Dua Kupang
22.  Huhatee
23.  Tanase
24.  Bungong Jeumpa
25.  Anju Ahu
26.  Bolelebo
27.  Sansaro
28.  Ayam Den Lapeh
29.  Rek Ayo Rek
30.  Lembe-lembe
31.  Buka Pintu

1 comment :

Terima kasih atas komentar yang Anda berikan.