Pages

Translate

Friday, March 15, 2013

RANGKUMAN MATERI PRE TEST DAN POST TES BINTEK IPA 2013

1.  RPP merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun untuk setiap KD yang dapat   
     dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap 
     pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan
 
2.  Prinsip-prinsip RPP :
     1.    Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
     2.    Mendorong partisipasi aktif peserta didik
            Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, 
            minat,   kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar 
     3.    Mengembangkan budaya membaca dan menulis
     4.    Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
     5.    Keterkaitan keterpaduan
     6.    Menerpakan IPTEK
3.  Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, 
     minat,   kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar adalah prinsip dalam RPP 
     mendorong partisipasi peserta didik
4. Indikator dalam silabus digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran dalam RPP dan
     merancang proses untuk mencapai hasil belajar yang ditetapkan
5.  Tujuan pembelajaran adalah jabaran operasional dari sasaran yang akan dicapai melalui suatu proses
      pembelajaran. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar,
6.  Berdasarkan kata kerja operasional indikator guru harus menentukan proses pembelajaran  
     agar peserta didik dapat menguasai indikator tersebut;  Hasil belajar pada contoh tersebut dapat    
     dicapai melalui bebarap alternatif proses pembelajaran, seperti melalui diskusi kelompok atau kegiatan
     presentasi konsep oleh guru.
7.  Proses pembelajaran yang dipilih dan ditulis pada tujuan pembelajaran mengacu pada kegiatan 
     pembelajaran yang telah ditulis pada silabus.
8.  Indikator Kompetensi :
      Mengukur GGL dan Tegangan jepit baterai.
      Tujuan Pembelajaran yang terkait dengan Indikator Kompetensi tersebut adalah :
      Melalui percobaan, peserta didik dapat mengukur GGL dan tegangan jepit baterai dengan 
      yakin dan benar

9.  Tujuan UN adalah untuk menilai pencapaian kompetensi kelulusan secara nasional pada mata pelajaran 
     tertentu dalam kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

10.  Hasil UN digunakan untuk :
     1. Pemetaan mutu program dan atau satuan pendidikan
     2. Dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
     3. Penentuan kelulusan peseta didik dari program dan atau satuan pendidikan
     4. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu 
         pendidikan

11.  Isi PP 19 tahun 2005 pasal 66 ayat 2 :
      1. Pasal 1
          Tujuan UN untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada materi pejaran tertentu 
          dalam kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi.
      2. Pasal 2
          UN dilakukan secara objektif, berkeadilan, dan akuntabel
      3. Pasal 3
          UN diadakan sekurang-kurangnya satu kali  dan sebanyak-banyaknya dua kali dalam satu tahun.

12.   Urutan-urutan langkah pengembangan tes :
        1. Menentukan tujuan penilaian
        2. Menetukan kompetensi yang diujikan
        3. Menentukan materi penting pendukung kompetensi
        4. Menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non tes atau memmpergunakan keduanya (Jenis tes : 
            tertulis, lisan, perbuatan)
        5. Menyusun kisi-kisi tes dan menulis butir soal beserta pedoman penskorannya. (perhatikan kaidah
            penulisan soal)
        6. Melakukan telaah butir soal

13.   Bentuk tes objektif :
        1. Pilihan Ganda
        2. Jawaban singkat (isian)
        3. Benar atau Salah
        4. Menjodohkan

14.   Bentuk instrumen tes kinerja antara lain :
        1. Tes tulis ketrampilan
        2. Tes identifikasi
        3. Tes simulasi
        4. Tes uji petik kerja

15.   Penentuan materi penting dilakukan dengan memperhatikan kriteria :
        1. Urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik
        2. Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah
            dipelajari sebelumnya
        3. Relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami mata pelajaran lain
        4. Keterpakaian, yaitu materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari
             
16. Persyaratan Kisi-kisi yang baik :
      1. Kisi-kisi  harus dapat mewakili  isi silabus /kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara tepat 
         dan proposional
      2.  Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
      3.  Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
17. Indikator dalam kisi-kisi merupakan pedoman dalam merumuskan soal yang dikehendaki.  Kegiatan 
      perumusan indikator soal merupakan bagian dari kegiatan penyusunan kisi-kisi..  Untuk merumuskan
      indikator dengan tepat, guru harus memperhatikan materi yang akan diujikan, indikator pembelajaran,
      kompetesni dasar, dan standar kompetensi

18.  Keunggulan Tes Objektif :
       1. Dapat mengukur kemampuan / perilaku secara objektif
       2. Tepat untuk ujian yang pesertanya banyak
       3. Penskoran mudah, cepat, objektif
       4. Dapat mengukur berbagai jenjang kognitif (mudah, sedang, sulit)
       5. Dapat menanyakan lebih banyak sampel pertanyaan sehingga benar-benar mewakili yang dijarkan
       6. Pengolahan sederhana dan ketepatan tinggi

       Kelemahan Tes Objektif :
       1. Kurang tepat untuk mengukut sintesis dan evaluasi
       2. Menyusun pertanyaan yang baik sukar dan memakan waktu lama
       3. Memerlukan waktu yang relatif lama untuk

1 comment :

Terima kasih atas komentar yang Anda berikan.